materi

materi

Selasa, 03 Januari 2012

MATERI MATEMATIKA

     
-       Sistem numerasi adalah sekumpulan lambang dan aturan pokok untuk menuliskan bilangan. Lambang yang menyatakan suatu bilangan disebut numeral. Karena banyaknya suku bangsa di dunia sejak zaman purba, maka berkembang pula sistem numerasi yang berbeda sehingga saat ini dapat diketahui bahwa suatu bilangan dapat dinyatakan dengan bermacam-macam lambang, tetapi suatu lambing tentu hanya menunjuk pada satu bilangan. Beda antara bilangan dan lambing bilangan (numeral) serupa dengan beda antara seseorang dengan namanya, beda antara benda dengan nama yang diberikan kepada benda itu, atau beda antara binatang dengan nama binatang yang ditunjuk. Sistem-sistem numerasi:
a.      Sistem Numerasi Mesir Kuno (3000 SM)
b.      Sistem Numerasi Babilonia (2000 SM)
c.      SIstem Numerasi Yunani Kuno Atik (600 SM)
d.      Sitsem Numerasi Yunani Kuno Alfabetik (500 SM)
e.      Sistem Numerasi Maya (300 SM)
f.       Sistem Numerasi Cina (200 SM)
g.      Sistem Numerasi Jepang-Cina (200 SM)
h.      Sistem Numerasi Romawi (100 M)
i.        Sistem Numerasi Hindu-Arab (300 SM) 
                                     
     1.  Perkembangan sistem bilangan numerasi dari awal sampai sekarang
a. Konsep Numerasi (bilangan)
b. Pengelompokkan
c. Aditif
d. Multifikatif
e.Aturan Peta
2. Pengajaran bilangan dan lambang bilangan
3. Konsep bilangan cacah
4. Operasi bilangan cacah
5. Penambahan konsep operasi bilangan cacah
6. Mengenalkan dan mengajarkan fakta dasar operasi bilangan cacah
7. Sifat dan pola operasi bilangan cacah
8. Pengertian bilangan bulat
9. Sifat dan operasi bilangan bulat
10. Penanaman konsep operasi bilangan bulat
11. Penggunaan bilangan bulat
12. Bilangan genap dan ganjil (gasal)
13. Bilangan prima dan kongrasif
14. Faktor Persekutuan terbesar 2 bilangan dan 3 bilangan
15. Kelipatan persekutuan terkecil 2 dan 3 bilangan

MATERI B.INDONESIA

 







1. Membuat Surat Izin
2. Membuat dan mencari paraghraf induktif, deduktif dan campuran
3.Menyusun Daftar Pustaka
4. Menyusun Footnote/catatan kaki
5. Menuangkan gagasan
6. Menentukan Tema Karangan
7. Membuat EYD
8.Mengembangkan Pola Kalimat
9. Membuat kalimat
10.Membuat makalah ilmiah

MATERI AGAMA











1. Manusia dalam budaya modern
2. Jawaban agama terhadap persoalan kemanusiaan
3. Umat manusia menurut agama islam
4.Perbandingan konsep manusia antara islam dengan    ideology modern
5. Sistem ajaran Islam
6. Jalan untuk meraih kebahagiaan Individual dan kedamaian dalam hidup     bersama
7. Implementasi muamalah dalam sejarah modern
8. Muamalah dalam sistem agama islam
9. Akhlaqul karimah dalam dunia modern
10. Akhlak dalam sistem ajaran islam
11. Profil muslim modern

Pendidikan agama mempelajari tentang pengertian agama islam. Islam adalah agama terakhir dank arena itu ia merupakan yang paling lengkap. Dengan datangnya agama ini maka agama-agama sebelumnya dihapuskan. Islam islam merupakan pintu gerbang keselamatan dan kebahagiaan abadi untuk umat manusia di dunia agar masyarakat manusia meninggalkan masa-masa ketidakmatangan dan kekurang mampuan pemikiran mereka, mempersiapkan diri untuk mencapai kemanusiaan mereka, mempersiapkan diri untuk mencapai kemanusiaan mereka yang penuh, dan menumbuhkan kesadaran untuk menerima ajaran-ajaran spiritual yang luhur, serta melaksanakannya dalam praktik. Islam merupakan agama yang kekal dan abadi. Allah Swt menyebut Islam sebagai agama fitrah, agama yang cocok dengan watak bawaan manusia, dan menyeru kepada umat manusia untuk menjaga agar fitrah manusia tetap hidup. Secara etimologi, islam Islam berasal dari kata aslama-yuslimu-islaaman yang artinya: tunduk, patuh, menyerahkan diri,. Kata islam terambil dari kata dasar salama atau salima yang artinya selamat, sejahtera, tidak cacat, tidak tercela atau dapat juga berarti tenang, diam, telah melakukan kewajiban,

MATERI TIK


1. Membuat sertifikat
2. Membuat daftar harga di Microsoft exel
3. Membuat gambar di paint
4. Membuat makalah di Power Point
5. Membuat diagram di Microsoft exel
6.Membuat Blogspot








MATERI KONSEP DASAR IPS

IPS adalah kajian yang terpadu yang merupakan penyederhanaan adaptasi, seleksi, dan modifikasi yang diorganisasikan dari konsep-konsep dan keterampilan. Sejarah, geografi, ekonomi, politik, sosiologi, antropologi psikologi. (Puskur 2001) Muriel Crosby bahwa IPS diidentifikasi sebagai studi bagaimana orang membangun kehidupan yang lebih baik bagi dirinya. (Leonards. Kenworthy 1989) lingkungan bisa mengubah kehidupan seseorang dan berpengaruh sangat besar. IPS menggambarkan interaksinindividu / kelompok dalam masyarakat baik dalam lingkungan fisik maupun lingkungan sosial. Interaksi dari lingkungan yang terkecil sampai terbesar.


1.Hakikat Ips sebagai program pendidikan
2.Ruang lingkup dan proses pembelajaran IPS
3.Konsep dasar ilmu-ilmu sosial : konsep dasar Geografi, Sejarah, Antropologi,      Sosiologi dan Psikologi Sosial
4.Pengertian perubahan
5.Hak Asasi Manusia
6.Proses sosial budaya
7. Pranata Sosial
8. Proses Globalisasi

MATERI B.INGGRIS

# Greeting dan Leave Takings
   Ungkapan greetings:
   Greeting:                                                     Respon:
   Hi, hello                                                      Hi
   How are you                                              I am fine
   Good morning                                           Good morning
   Nice to meet you                                       nice tu meet you to                                     
   See you next time                                     See you
# Thanking
   Expression:                                                Responses:
   Thank you                                                  You are welcome
   Thanks a lot                                               Don’t mention it
   Thank you very much                              That’s are right
   Thank you so much                                 Forget it
   Thank you kindly                                      Not at all
# Apologizing
   I am sorry for my comming late
   Forgive me for leaving you alone
   I apologize for the bad service

1. Introducing  
2. Greeting
3. Thanking
4. Apologizing
5. Agreeing dan disagreeing
6. Command dan prohibilitions
7. Likes dan Dislikes
8. Giving direction
9. Asking for help
10.Narrative teks
11. Descriptive

MATERI PPKN







-       Masyarakat madani adalah masyarakat yang berada yang berlandaskan keadilan dan kesejahteraan. Cita-cita untuk mewujudkan masyarakat madani meniscayakan suatu upaya yang serius dan sistematis. Masyarakat madani bukan sekadar sistem, tetapi juga merupakan proses. Oleh karena itu masyarakat madani memerlukan proses yang sistematis. Dan salah satu proses yang paling strategis ialah melalui pendidikan.
-       Nilai-nilai demokrasi sesungguhnya merupakan nilia-nilai yang diperlukan untuk mengembangkan pemerintahan demokratis. Nilai-nilai tersebut antara lain adalah kebebasan (berpendapat, berkelompok, berpartisipasi, menghormati orang/kelompok lain, kesetaraan, kerjasama, persaingan dan kepercayaan). 
-       Pengertian identitas nasional. Sebagai sebuah istilah, “identutas nasional” dibentuk oleh dua kata, yaitu “identitas” dan “nasional”. Identitas dapat diartikan sebagai cirri, tanda, atau jjatidirj, sedangkan “nasional” dalam konteks pembicaraan ini berarti kebangsaan. Dengan demikian, identitas nasional dapat diartikan sebagai “jatidiri nasional” atau “kepribadian nasional”.
-       Hak asasi manusia (HAM) mempunyai arti penting bagi kehidupan manusia terutama dalam hubungan antara negara(penguasa) dan warga negara (rakyat) dan dalam hubungan antara sesama warga negara. Penegakan HAM mempunyai relevansi dengan civil society, karena nilai-nilai persamaan, kebebasan, dan keadilan yang terkandung dalam HAM dapat mendorong terciptanya masyarakat egaliter yang menjadi ciri civil society. Dengan demikian, penegakkan HAM merupakan persyaratan untuk menciptakan sebuah civil society atau masyarakat madani.
-       Pancasila Sebagai Dasar Negara dan Ideologi Nasional. Pancasila dalam pendekatan pendapat adalah ilmu pengetahuan yang mendalam mengenai pancasila. Menurut Syarlani dalam bukunya (2003). Filsafat pancasila adalah refleksi kritis dan rasional tentang pancasila dalam bangunan bangsa dan negara Indonesia.

- Demokrasi
- Masyarakat Madani
- Proses sejarah terbentuknya Bangsa dan Negara
- Pengertian good and clean governances
- Pancasila sebagai dasar Negara dan Ideologi Nasional
- Makna Pancasila sebagai dasar Negara
- Pancasila sebagai cita hukum
- Pengamalan pancasila
- Wawasan Nusantara sebagai Geopolitik
- Hakikat dan Kedudukan Nusantara
- Kedudukan Wawasan Nusantara

MATERI LANDASAN PENDIDIKAN

Pendidikan berasal dari kata paedagoge (anak). Secara garis besar pendidikan dapat dibagi menjadi tiga bagian, yaitu:
1.      Pendidikan
2.      Teori umum pendidikan
3.      Ilmu pendidikan 
Pengertian yang pertama mengacu kepada pendidikan pada umumnya, yaitu pendidikan yang dilakukan oleh masyarakat umum.
Arti pendidikan secara lengkap adalah aktivitas yang dilakukan manusia dewasa secara sadar yang berencana dan bertujuan menutup pertumbuhan dan perkembangan anak baik secara jasmani maupun rohani sehingga menjadi manusia dewasa yang mandiri baik secara fisik maupun secara mental.
Pendidikan seumur hidup adalah pendidikan yang wajib dipelajari atau dimiliki darilhir sampai meninggal dunia.
Syarat menjadi ahli pendidik:
1)     Bertanggung jawab  
2)     Mempunyai wawasan yang luas
3)     Dewasa
4)     Akhlak
5)     Sehat jasmani dan rohani
Pendidikan adalah proses bimbingan yang mempunyai unsure-unsur, yaitu:
1.      Pendidik dan peserta didik
2.      Ada tempat dan waktu / lingkungan
3.      Ada tujuan dan hasil yang dicapai
4.      Pendidikan atau bimbingan berlangsung cukup lama
5.      Saat proses pendidikan terdapat metode tertentu.

1. Hakikat Pendidikan dan Ilmu Pendidikan
Pendidikan: proses sebuah bimbingan dari pendidik kepada peserta didik.
Ilmu pendidikan: menekankan pada pemikiran yang berkaitan dengan pendidikan.
2.Landasan Filosofis dalam pendidikan
Landasan Filosofis dalam pendidikan di Indonesia berdasarkan pancasila.
3.Landasan Religi, keilmuan dan yuridis dalam pendidikan
4.Komponen dalam pendidikan
- Peserta didik
5.Pendidik : orang dewasa dalam lingkungan masyarakat yang bertanggung  jawab untuk mendidik anak sebelum dewasa untuk mencapai kedewasaan.
6.Tujuan Pendidikan
7.Lingkungan pendidikan
8.Aliran-aliran pendidikan
9.Sejarah pendidikan di Indonesia
10.Sistem pendidikan nasional
11.Harapan-harapan masyarakat tentang pendidikan
12.Pendidikan Multibudaya, Pendidikan Inklusif dan Arah baru dalam pendidikan