materi

materi

Selasa, 03 Januari 2012

MATERI PPKN







-       Masyarakat madani adalah masyarakat yang berada yang berlandaskan keadilan dan kesejahteraan. Cita-cita untuk mewujudkan masyarakat madani meniscayakan suatu upaya yang serius dan sistematis. Masyarakat madani bukan sekadar sistem, tetapi juga merupakan proses. Oleh karena itu masyarakat madani memerlukan proses yang sistematis. Dan salah satu proses yang paling strategis ialah melalui pendidikan.
-       Nilai-nilai demokrasi sesungguhnya merupakan nilia-nilai yang diperlukan untuk mengembangkan pemerintahan demokratis. Nilai-nilai tersebut antara lain adalah kebebasan (berpendapat, berkelompok, berpartisipasi, menghormati orang/kelompok lain, kesetaraan, kerjasama, persaingan dan kepercayaan). 
-       Pengertian identitas nasional. Sebagai sebuah istilah, “identutas nasional” dibentuk oleh dua kata, yaitu “identitas” dan “nasional”. Identitas dapat diartikan sebagai cirri, tanda, atau jjatidirj, sedangkan “nasional” dalam konteks pembicaraan ini berarti kebangsaan. Dengan demikian, identitas nasional dapat diartikan sebagai “jatidiri nasional” atau “kepribadian nasional”.
-       Hak asasi manusia (HAM) mempunyai arti penting bagi kehidupan manusia terutama dalam hubungan antara negara(penguasa) dan warga negara (rakyat) dan dalam hubungan antara sesama warga negara. Penegakan HAM mempunyai relevansi dengan civil society, karena nilai-nilai persamaan, kebebasan, dan keadilan yang terkandung dalam HAM dapat mendorong terciptanya masyarakat egaliter yang menjadi ciri civil society. Dengan demikian, penegakkan HAM merupakan persyaratan untuk menciptakan sebuah civil society atau masyarakat madani.
-       Pancasila Sebagai Dasar Negara dan Ideologi Nasional. Pancasila dalam pendekatan pendapat adalah ilmu pengetahuan yang mendalam mengenai pancasila. Menurut Syarlani dalam bukunya (2003). Filsafat pancasila adalah refleksi kritis dan rasional tentang pancasila dalam bangunan bangsa dan negara Indonesia.

- Demokrasi
- Masyarakat Madani
- Proses sejarah terbentuknya Bangsa dan Negara
- Pengertian good and clean governances
- Pancasila sebagai dasar Negara dan Ideologi Nasional
- Makna Pancasila sebagai dasar Negara
- Pancasila sebagai cita hukum
- Pengamalan pancasila
- Wawasan Nusantara sebagai Geopolitik
- Hakikat dan Kedudukan Nusantara
- Kedudukan Wawasan Nusantara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar